Anakmuda!

             

Species Kampus

daurhidupMahasiswa

sumber gambar illustrasi: yeahmahasiswa.com

kehidupan di kampus dengan berbagai dinamika sosialnya selalu lucu dan menarik untuk dibahas, hal-hal lucuk dengan berbagai karakter2 unik mahasiswa yg menggelikan selalu menarik untuk dijadikan objek tulisan dan penelitian.

Berhubung skarang musim penerimaan mahasiswa baru, teman2 yg baru lulus sma dan akan melangkahkan kakinya ke perguruan tinggi, penting juga untuk kalian mengenal dunia baru yg akan kalian huni(ecie), kalian perlu mengenal habitat kalian nantinya, sebab kampus itu juga mirip-mirip kayak hutan segala macam karakter ada di sana, bisalah mungkin kalo kita menganalogikan setiap karakter yg ada di dunia kampus itu dengan spesis makhluk bernama mahasiswa..

Kenapa juga kali ini objek tulisan sy mahasiswa?

Ya sebab sy kerjanya di kampus, hari-hari saya berhadapan dengan berbagai macam tingkah laku dan karakter khas mereka.. tulisan ini sdh lama sebenarnya pengen direalisasikan tapi baru skarang ada kesempatan hehe..

O iya tulisan ini sekedar pantauan pribadi saja.. di tulisan ini endak membahas tentang positif dan negatif karakter identik tersebut lho yah itu semua kembali lagi ke pembacanya..

berikut 25 spesies mahasiswa di kampus

Selamat menyaksikan..

1. Anak perpus perpus

Spesis jenis ini habitatnya di perpus, hobinya kebaca (yaealah bukan maen takro), mereka sangat rajin ke perpus, baik itu ke perpus jurusan, fakultas sampai perpus pusat, jam istirahat, dosen nda datang apa-apa di perpus, anak jenis ini bisa juga kita sebut sebagai anak ipk-ipk krn biasanya spesis ini juga dikenal bureng walaupun tidak juga selamanya demikian, sebab kadang ada jenis spesis yg berbeda walaupun satu famili dengan spesis ini namanya anak perahu kertas-perahu kertas, yakni spesis jenis unik dan baru muncul belakangan ini setelah adanya novel perahu kertas mereka rajin kebaca novel ciri2nya mereka kalau nulis status selalu diawali oleh kata “dear” misalnya kalo lg mau makan ditulisnya status “dear nasi.., hari ini aku lapar dan akan segera meletakkanmu ke atas piring dan memakanmu”

2. Anak instal ulang instal ulang

Khusus spesis jenis ini sifatnya endemik hanya ada di jurusan komputer, informatika atau yg berhubungan, mereka banyak menghabiskan waktu utk instal ulang os komputer, mereka banyak mengoleksi antivirus,software2,OS dan yg pasti mereka adalah harapan bagi teman2 yg bukan di jurusan komputer untuk membantu memperbaiki komputernya, mereka juga mirip dengan anak regedit-regedit yaitu anak yg senang ngoprek registri windows biasanya spesis jenis ini adalah maba semester awal-awal teknik informatika.

3. Anak kritis kritis

Mereka juga mirip dengan spesis anak substansi-substansi, dan anak intrupsi-intrupsi, kalau terjadi diskusi entah di acara debat, diskusi umum atau seminar sampai di diskus kelas mereka paling vokal mengajukan pendapat, merka paling suka kebaca buku2 kesadaran-kesadaran kritis

4. Anak politik politik

Anak spesis jenis ini paling serius mengamati situasi politik di negara kita saat ini, tontonannya kalo bukan ILC, debat kandidat, atau berita politik, bacaannya kalo bukan buku2 gie.. Yg penting buku2 tentang penindasan penindasan, tokoh andalannya biasanya ce goefara (eh tdk tau tulisannya), di kelas biar kata kita lagi diskusi kelompok tentang matakuliah yg endak berhubungan dgn politik, eh dia nyambunginnya jg dengan politik..

5. Anak intrupsi intrupsi

Mirip dengan anak kritis-kritis spesis jenis ini juga dikenal paling semangat kalo lagi ada acara debat atau diskusi politik atau lagi ada acara laporan pertanggungjawaban orhanisasi, apa-apa diintrupsi..

6. Anak kader kader

Walaupun endak terlalu banyak jumlahnya tapi mahasiswa spesis ini bukan tidak ada, mereka adalah jenis spesis mahasiswa yg entah krn doktrin atau apa mereka dikenal sangat loyal terhadap suatu partai politik dan kebanyakan juga mereka dimanfaatkan sih oleh parpol, tersebut

7. Anak orhanisasi orhanisasi

Seperti namanya anak orhanisasi-orhanisasi adalah jenis spesis mahasiswa yg semangat banget mengikuti orhanisasi, hampir semua orhanisasi dia aktip di situ, mereka punya prinsip hidup yakni “jangan tanyakan apa yg sy berikan kepda orhanisasi tp tanyakan apa yg orhanisasi berikan kepada sy” eh salah kebalik ini sebenarnya prinsip penulis, jadi prinsip mreka “jgn tanyakan apa yg orhanisasi brikan pd sy tp tanyakan apa yg sy berikan pd orhanisasi”, spesis jenis ini punya banyak family yakni spesis anak kritis-kritis, anak intrupsi-intrupsi dan anak politik-politik

8. Anak baju persatuan-persatuan

Nah spesis jenis ini pasti akan sering kalian lihat di kampus mereka jumlahnya banyak dan paling keliatan, tentunya selain di kampus swasta yg berseragam, mereka hadir dari turunan beberapa spesis yakni spesis anak politik-politik, anak orhanisasi-orhanisasi, dan anak ikatan-ikatan, spesis ini adalah spesis yg kalo mereka sdh pake baju kelompoknya biasanya yg lain lewat semua, spesis jenis ini banyak dari kalangan maba yg masih semangat-semangatnya ber-orhanisasi, bagi mereka baju persatuan khas mahasiswa adalah atribut wajib bg mahasiswa, mereka juga bisa di sebut dengan nama anak hidup mahasiswa-hidup mahasiswa

9. Anak tere liye tere liye

Spesis ini juga baru belakangan ini muncul, mereka muncul dari turunan ordo anak novel-novel, anak kritis-kritis atau anak substansi-substansi, mereka dikenal sangat menggemari kata-kata seorang penulis di facebook, pokoknya setiap penulis tsb bikin status kalo gak dipaste, diskrinsut atau mungkin saja di jaddin profil pict, biasanya mereka satu paket menggemari bacaan2 dari ust felix siaw, oki setiana, yg kayak gitu-gitu atau biasanya jg menggemari pak mario teguh

10. Anak hijabers hijabers

Sebenarnya spesis ini tidak endemik di habitat kampus saja, tapi di banyak lingkungan mereka juga berkembang biak, termasuk di mol, lagi pula mereka tdk susah ditemukan apalagi di toko buku khususnya di bagian rak tutorial hijab,
walaupun memang tak dipungkiri mereka eksis di kampus, sebab di kampus orang sdh tdk pake seragam kyk di sma, smp atau sd, sehingga spesis ini lebih bisa mengekspresikan gaya mereka di ekosistem universitas, mereka dikenal ribet kalau lagi siap2 dan pasti lama kalo mau ke kampus sehingga peluang terlambat ke kampus cenderung besar

11. Anak hiper hiper / anak ikatan ikatan

Anak ikatan-ikatan adalah tipe spesis turunan ordo anak orhanisasi-orhanisasi tapi ini yg sifatnya lokal atau kedaerahan, disebut hiper-hiper sebab biasanya nama orhanisasi mereka diawali dengan hiper, misalnya hipermamu (himpunan pelajar mahasiswa minasa upa) dst. Dan siapa tau nanti juga ada yg buat hipermaho, siapa tauk

12. Anak panitia-panitia

Anak panitia-panitia atau yg biasa disebut anak sibuk-sibuk, atau anak sebagai-sebagai adalah tipe spesis yg aktip banget dan mengerahkan segala kemampuannya kalo lagi ada even kampus, di sekitar kampus kalo lagi ada even mereka biasanya mondar mandir gak jelas kayak setrikaan sambil pake atribut panitia dan bawa map proposal walaupun cuma seksi konsumsi

13. Anak baliho baliho

Spesis jenis ini juga adalah termasuk dari ordo spesis anak panitia-panitia, Cuma yg membedakan spesis ini biasanya diberi tugas sebagai bagian publikasi, mereka sangat bersemangat sekali kalo ada tugas untuk memasang baliho jika ada even bem, mereka juga terkenal kreatif, bayangkan saja, dengan dana minim bermodalkan cat dan kuas mereka bisa membuat baliho acara dari sisa baliho bekas yg di balik lalu di gambari dan ditulisi,… sungguh kreatip

14. Anak seni seni

Dari kata seni mereka hadir krn minat mereka terhadap seni, walaupun kadang juga ada yg dipaksakan, dari spesis ini muncul spesis anak teatrikal-teatrikal dan anak puisi-puisi, tapi walaupun skali lagi kadang juga maksa, kadang kala ada juga yg aksi seninya kita endak tau sama skali esensinya apa fokusnya kemana tujuannya apa, pesan yg disampaikan maksudnya hapah,
misalnya juga dalam baca puisi, kadang mereka baca puisinya kayak bukan lagi baca puisi tapi kayak lagi baca berita acara penangkapan di pengadilan, kita endak ngerti

15. Anak sekret sekret

Anak sekret-sekret, spesis ini juga adalah jenis turunan dari spesis anak orhanisasi-orhanisasi, sekret bagi mereka adalah kost atau rumah kedua, mandi, makan, kebobo, dan keboker semua dilakukan di sekret, biasanya mereka saling memanggil teman dengan sebutan anak-anak, misal: “eh anak-anak ngumpul dimana?” trus dia jawab “anak-anak ngumpul di sekret…!”.
*eyaaaaa…*

16. Anak pendaki 5 cm 5 cm

seperti spesis yang baru muncul lainnya, sepesis jenis ini juga ada karena diawali oleh adanya suatu hal tertentu, yakni muncul krn adanya film atau novel 5 cm, mereka setelah terinspirasi oleh 5 cm mereka tiba2 sj jadi hobi mendaki juga.

17. Anak pecinta pecinta

Mereka disebut anak pecinta-pecinta karena mereka dari kalangan anak pecinta alam, atau anak pecinta lingkungan hidup, pecinta go green go green, mereka juga turunan dari anak komunitas-komunitas, biasanya mereka dikenal idealis terhadap suatu visi misi yg dibawah oleh komunitasnnya, komunitas go green (anak go green go green) misalnya idealis terhadap isu global warming, atau komunitas tentang pendidikan mereka akan idealis terhadap isu2 pendidikan.

18. Anak bazar bazar

Spesis ini secara umum setau saya sdh punah, tapi di beberapa kampus mereka masih ada sih

19. Anak foto angkatan foto angkatan

Spesis ini adalah jenis spesis yg apa-apa serba foto angkatan, di wall facebooknya serba foto angkatan bareng teman angkatannya, mereka biasanya juga susah move on pertemanan, sampai mereka lebih akrab dengan teman angkatan di sma dari teman kampusnya

20. Anak korea-korea

Pertumbuhan spesis ini saat ini semakin menunjukkan peningkatan yg signifikan, ciri-ciri nya mereka biasanya mengganti nama, profil pict, dan foto sampul facebook dengan artis korea idola mereka, kerjaannya kalo endak kerja tugas ya download vcd drama korea

21. Anak kantin kantin

Berbeda dengan anak perpus-perpus spesis jenis ini hampir setiap saatnya nongkrong di kantin kampus, sangking seringnya sampai mereka dianggap keluarga oleh ibu kantin..

22. Anak olahraga olahraga

Jenis ini biasanya mereka adalah atlit atau endak mereka tergabung dalam orhanisasi olahraga di kampus

23. Anak foursquare foursquare

Spesis unik kali ini diambil dari nama aplikasi, ciri-cirinya mereka apa-apa serba check in, kayaknya menetap di suatu tempat itu nda apdol kalo nda cek in, siapa tau saja biar kata lagi ada di lampu merah yg disinggahi dicheckinin satu-satu jg.. bisa jadi

24. Anak eptipik-eptipik

Jenis ini mereka yg dikenal sangat terobsesi dengan tayangan eptipik sehingga gaya, penampilan sampai kisah asmaranya pun diusahakan agar semirip mungkin dengan eptipik, apa-apa didramatisir, suka menampakkan ngambekkannya di socmed, mahasiswa jenis mereka juga bisa disebut dengan anak ngambekan-ngambekan.

25. Anak belajar kelompok belajar kelompok

Walaupun istilah belajar kelompok adalah istilah yg sering jadi korban dijadikan sebagai alasan yg paling ampuh lagi mainstream bagi anak yg endak diijinkan keluar rumah, tapi spesis anak belajar kelompok- belajar kelompok ini juga ada betul, mereka juga dikenal dengan istilah anak ipk-ipk atau anak bureng-bureng.

=====================

Eits jangan lupa tinggalkan jejak ya..

One Response to “Species Kampus”

  1. ANU said:

    hehe…..

Leave a Comment

*

code